Sunday, June 11, 2017

CARA FLASHING SAMSUNG GALAXY J1 2016 (SM-J120G)


Assalamualaikum sobat cnnteknologi. Bertemu lagi nih dengan saya admin cnnteknologi. Ok soub, kali ini admin akan berbagi tutorial bagaimana cara flashing Samsung Galaxy J1 2016 (SM-J120G). Penasaran nih pengen tau caranya ?. OK, sebelumnya admin akan memberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum memberikan langkah-langkah flashing Samsung Galaxy J1 2016.

Apa itu Flashing ?
Flashing adalah proses install ulang perangkat ponsel, baik itu ponsel jenis symbian, java, android, windows mobile, ubuntu mobile, dan lain-lain. 

Gunanya Flashing itu apa ?
Flashing sangat berguna bagi perangkat ponsel anda yang mengalami problem, semisal sinyal hilang, imei hilang, hang, aplikasi force-close, bootloop alias macet logo, dll. Dengan flashing semua masalah tersebut akan dapat diperbaiki, tentu apabila semua masalah tersebut benar-benar menyangkut masalah software. Bukan hanya disitu saja, Flashing juga dapat digunakan untuk mengupgrade atau memperbarui versi sistem operasi smartphone semisal smartphone android dengan sistem operasi Kitkat diupgrade ke Lollipop dan seterusnya. Kemudian Windows 8 Mobile diupgrade ke Windows 10 Mobile dan seterusnya.

Apa saja yang dibutuhkan dalam proses flashing ?
Dalam melakukan proses flashing perangkat ponsel tentu membutuhkan tools atau software. Apa saja itu ?.

  1. Firmware : Sistem Operasi atau bisa dibilang masternya ponsel yang nantinya akan diinstall atau dipasang ke perangkat ponsel.
  2. Flasher : Tools atau software yang fungsinya untuk menginstall atau mengcopy file fimware ke dalam perangkat ponsel, sehingga perangkat ponsel memiliki sistem operasi.
  3. Driver : Software yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat ponsel ke flasher, sehingga dengan ini proses flashing dapat berjalan. Dalam menginstall sebuah driver, tentu harus melihat chipset yang digunakan oleh perangkat ponsel, Misalkan smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, maka kita harus menginstall driver chipset Qualcomm. Kemudian Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakna chipset Mediatek, maka kita harus menginstall driver chipset Mediatek.
  4. Usb Kabel Data : Untuk menghubungkan perangkat ponsel ke Laptop atau PC.



Jadi itu sedikit ilmu mengenai seputar Flashing perangkat ponsel. Semoga kalian faham dan semoga bermanfaat. Langsung saja ke inti persoalan, yaitu langkah-langkah flashing Samsung Galaxy J1 2016 :
FIRMWARE SAMSUNG GALAXY J1 2016
Model
SM-J120G
Model Name
Samsung Galaxy J1 2016 SM-J120G
Versi OS
Lollipop 5.1.1
Region
Indonesia
Product Code
XID
DOWNLOAD
LANGKAH-LANGKAH FLASHING
  1. Install Driver Samsung
  2. Extract Odin dan Firmware Samsung Galaxy J1 2016.
  3. Jalankan software Odin
  4. Matikan smartphone Samsung Galaxy J1 2016, kemudian hidupkan kembali dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Bawah. Kemudian muncul notifikasi untuk melanjutkan ke Mode Download. Tekan Volume Atas untuk melanjutkan ke Mode Download.
  5. Hubungkan smartphone Samsung Galaxy J1 2016 ke PC atau laptop hingga terdeteksi oleh Odin. seperti gambar berikut :
  6. Pada software Odin klik PDA dan masukkan file firmware Samsung Galaxy J1 2016 yang telah diextract tadi
  7. Klik start untuk memulai proses flashing
  8. Tunggu hingga proses flashing selesai dengan ditandai warna hijau yang bertuliskan pass
  9. Selamat proses flashing telah berhasil

3 comments

mantap ......semoga Allah membalas kebaikan yg lebih

bantu donk flashing hp samsung SM_J120G/DS


EmoticonEmoticon